-->

Orang Terkaya di Kalsel

Sebenanya banyak sekali pengusaha besar di Kalimantan Selatan,  Dari bisnis Properti, Pengadaan bangunan, Pertambangan, Keuangan, dan Industri. Namun kali ini kita akan membahas pengusaha-pengusaha yang terkenal dan tidak asing bagi warga di Kalimantan Selatan.  Ada catatan kesuksesan, ada pula kisah prestasi, dan sejumlah peristiwa unik seputar mereka, berikut kisahnya.

1. H Abdussamad Sulaiman HB  yang akrab di sapa Haji Leman.
Beliau adalah pemilik sekaligus pendiri  kerajaan bisnis dengan Merk Hasnur Group yang bergerak di Sektor Pertambangan,  Kontraktor jalan, pelabuhan, Perkebunan Sawit juga,  Pemilik Media massa.



Brand nama Hasnur Grup di ambil dari singkatan HAS (Haji Abdussamad Sulaiman) dan istrinya, NUR hayati, H. Leman juga Pemilik Klub Sepakbola Kalsel, Barito Putra, beliau juga menjabat sebagai Ketua Koni dan  merupakan petinggi partai Golkar di Kalsel selama Tiga Periode hingga tak heran di kenal dekat dengan sosok  Aburizal Bakri Ketua Umum partai Golkar

Beberapa tahun yang lalu, melalui yayasan  Hasnur Centernya, H. Leman mendirikan SMA Global Islamic Boarding di Kabupaten Batola. Sekolah bertaraf internasional yang dilengkapi sarana dan fasilitas  yang sangat lengkap seperti, gedung olahraga, Studio musik, workshop, koperasi, diklat, Fasilitas bersama, poliklinik, service, asrama, guest house, gedung perawatan, dan lainnya. Karena Ketokohan dan loyalitas itulah   H.leman di usulkan sebagai tokoh Pemersatu  berpengaruh di Kalimantan Selatan,

2. Drs. Zaini Mahdi  yang akrab di sapa Haji Ijai.
Pengusaha ini berasal dari Kecamatan Binuang, Kabupaten TAPIN.  Beliau adalah pengusaha Batubara yang cukup terkenal di Kalimantan Selatan.  Menjalankan usahanya dengan bendera PT Batu Gunung Mulia ( BGM ), mengantarkan H.Ijai terkenal di kalangan pemain tambang Lokal dan luar kalsel.


Ketenaran yang santer membuat beliau banyak di bicarakan saat beliau membangun Rumah Mewahnya tepat di bahu jalan di Kecamatan Binuang. Banyak yang memperkirakan biaya pembuatan rumah tersebut mencapai 40 Milyar. Karena selain mewah rumah yang terletak jauh dari pusat keramaian Kota banjarmasin itu di halaman rumahnya terdapat beberapa pohon Kurma yang kabarnya di datangkan langsung dari Timur Tengah. Beliau juga membangun Sebuah Sirkuit Balap “BALIPAT”  yang juga berada di Binuang.

Menurut beberapa pemain tambang. karena harga yang selalu naik dan permintaan batubara yang selalu meningkat membuat pemasukan H.Ijai selalu meroket. Apalagi kabupaten Tapin kaya dengan kandungan batubara kalori-kalori tingginya yang di patok dengan harga selangit.

3. Haji Muhammad Ramlan atau di kenal H. Ramlan.
Beliau juga adalah Pengusaha Batubara, Pengusaha Kayu,  Pemilik TV lokal, memiliki bisnis perhotelan dan juga pemilik beberapa wahana Rekreas di Kota Banjarmasin .Namanya semakin populer manakala beliau pernah hampir maju menjadi calon Gubernur Kalimantan Selatan Tahun 2010 lalu.

Kepopuleran beliau pun seakan di topang  karena memiliki anak-anak yang juga menjadi tokoh  dan selebriti. Sebut saja Olla Ramlan, bintang Film, model dan Presenter Nasional . Selain itu juga ada Cintya Ramlan yang juga seorang artis mantan isteri Vicky Nitynegoro, juga putranya  H Ichwan Ramlan yang tertular  jiwa pengusahanya dulunya  pernah menjabat Ketua Hipmi ( Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ) Kalimantan Selatan.

4. H. Andi Syamsuddin Arsyad atau akrab di kenal H. Isam.
Daftar pengusaha ke-empat ini dulunya di kenal sebagai pekerja perkayuan, tukang tebang, buruh muat, dan sopir angkutan, hingga jadi tukang ojek pun sempat dilakukannya. Menurut banyak warga. Pria yang berperawakan gemuk ini bukan berasal dari keluarga pengusaha. Namun sekarang H. Isam telah menjelma menjadi Pengusaha besar karena telah memiliki beberapa Perusahaan dengan berbagai sektor,  Diantaranya di bidang tambang PT. Jhonlin Baratama, dan PT. Jhonlin Marine and Shipping dan juga PT. Jhonlin Air Transport,  yang tersebar di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu,

H. Isam mengawali terjun ke bisnis batubara nyaris hanya modal dengkul.. Berawal saat ikut di sebuah perusahaan milik seorang pengusaha Batubara keturunan China - Surabaya inilah yang mengenalkan H. Isam tentang seluk belum bisnis dan penambangan batubara. Sehingga  mendorong H. Isam  keluar dari perusahaan, dan bekerja sendiri dengan modal pengetahuannya itu. Kini H. Isam tak hanya dikenal di kawasan Kabupaten Tanah Bumbu, tapi di kenal luas di Kalimantan selatan.

H. Isam memiliki Usaha Rental Pesawat terbang di bawah bendera PT. Jhonlin Air Transport. Selain itu Ia juga memiliki helikopter serta armada angkutan di laut. Karena kepopulerannya , Media Tempo bahkan pernah mengupas sosok beliau dalam liputannya khususnya yang menyebutkan dengan kekayaannya, pengaruhnya, serta  kedekatannya dengan banyak petinggi negeri ini, membuat H. Isam sebagai sosok yang “Zero to Hero”.

5. H Muhammad Hatta atau akrab dikenal H. Ciut
Beliau adalah pemilik PT Batu Gunung Mulia Binuang yang bergerak di bidang tambang batu bara. Selain itu juga memiliki perusahaan Harapan Binuang Motor. Ternyata suami Hj Warsiah Hatta ini juga merupakan adik dari konglomerat batu bara H Ijai yang terkenal dengan hartanya yang konon tidak pernah ada habisnya.

Dua kakak beradik ini memang menjadi ikon Binuang dengan rumah super mewah layaknya istana dan koleksi mobil serta motor mewah mereka. Rumah mereka dilengkapi dengan helipad, kolam renang pribadi dan kabarnya juga memiliki hewan-hewan peliharaan dengan harga fantastis.

Jenis usaha mereka tambang batubara, minyak dan kelapa sawit. H Ijay terkenal dengan perusahaan BGM (Batu Gunung Mulia) dan H Ciut populer bersama perusahaannya HBM (Harapan Binuang Motor).

Kemegahan rumah-rumah kakak beradik tersebut bagaikan istana. Halaman luas dengan segala fasilitas kelas eksklusif. Motor gede dan mobil mobil mewah kelas dunia dengan plat kendaraan khusus tersusun rapi di beberapa garasi. Beberapa diantaranya Chevrolet Suburban, Ferrari, Harley Davidson dan banyak merk dunia lainnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar