-->

Jenis - Jenis Manga atau Komik Jepang

Manga adalah komik yang dibuat di Jepang atau pembuatnya adalah orang Jepang dalam bahasa Jepang. Jika dari negara lain maka lebih dikenal dengan nama komik. Manga sendiri memiliki banyak jenis dan berikut penjelasannya:

Manga Shounen
Naruto
Komik Shounen biasanya dibintangi oleh tokoh utama pria. Tema untuk ceritanya kebanyakan aksi atau petualangan. Komik ini dibuat khusus untuk anak laki-laki
Contoh untuk manga shounen adalah Naruto dan Bleach.

Manga Seinen
Berserk
Jika komik shounen ditujukan untuk anak laki-laki, komik seinen ditujukan untuk pria dewasa. Tema cerita komik seinen sendiri hampir sama dengan shounen namun lebih kasar dan vulgar.
Contoh untuk manga shounen adalah Berserk

Manga Shoujo
Electric Daisy
Tadi sudah ada Shounen dan Seinen yang khusus pria, manga Shoujo ini dikhususkan untuk anak perempuan. Tokoh utamanya biasanya gadis remaja dengan konflik percintaan. Ceritanya seputar percintaan dan ringan dikonsumsi.
Contoh untuk manga shounen adalah Electric Daisy.

Manga Josei
Hana Yori Dango
Manga Josei adalah manga khusus wanita dewasa. Tema cerita komik josei sama dengan shoujo tapi dengan cerita yang lebih rumit dan romantis.
Contoh untuk manga josei adalah Hana Yori Dango.

Manga Kodomo
Arale
Dari namanya sudah menunjukkan bahwa manga ini khusus anak-anak kecil (kodomo=anak kecil). Tokoh utamanya adalah anak kecil dengan tema petualangan.
Contoh untuk manga shounen adalah Arale.

Manga Mecha
Gundam
Sepertinya mecha ini diambil dari kata mechanic. Tokoh utamanya bisa manusia atau robot dengan tema cerita pastinya seputar robot.
Contoh untuk manga shounen adalah Gundam.

Manga Jidaegeki
Samurai-X
Manga ini mengambil latar belakang masa lalu atau bercerita tentang sejarah.
Contoh untuk manga shounen adalah Samurai-X.

Manga Ecchi
Fairy Tail
Manga ini termasuk BB, vulgar namun masih bisa dikonsumsi oleh remaja.
Contoh untuk manga ecchi adalah Fairy Tail walaupun masih terdapat perbedaan pendapat mengenai penggolongan Fairy Tail ini ke dalam ecchi.

Manga Hentai
Aki Sora
Manga ini adalah manga tervulgar dan dikhususkan bagi orang-orang dewasa saja. Banyak sekali adegan porno di dalamnya sehingga tidak pantas dikonsumsi untuk mereka yang di bawah umur.
Contoh untuk manga hentai adalah Aki Sora.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar