-->

Sejarah Nomor Panggilan Darurat

Dalam standar Global System Mobile (GSM) terdapat nomor darurat 112. Pemakaian nomor yang sama di seluruh dunia memungkinkan pemakai GSM memanggil nomor telepon darurat melalui jaringan selular GSM terdekat, walaupun telepon GSM tersebut tidak terhubung ke jaringan selular GSM tempat telepon tersebut terdaftar.

112
Di negara tertentu seperti Belgia, Spanyol, Inggris, Liechtenstein, Austria dan Indonesia, hanya pemakai telepon selular GSM yang terdaftar dan pemakai penjelajah (roamers) saja yang bisa melakukan panggilan nomor telepon darurat 112. Pada jaringan selular GSM tertentu, hanya telepon selular GSM dengan kartu Subscriber Identification Module (SIM) yang masih berlaku dan memiliki kredit yang bisa melakukan panggilan nomor telepon darurat 112.

Di negara-negara di mana nomor telepon darurat bukan 112, maka panggilan ke nomor 112 akan disalurkan ke nomor telepon darurat di negara tersebut. Hal ini bermanfaat bagi turis asing yang tidak mengetahui nomor telepon darurat yang tersedia di suatu daerah.

Sebagian besar telepon selular GSM bisa menghubungi telepon darurat 112, walaupun telepon tersebut terkunci atau tidak memakai kartu SIM.
Di Amerika Serikat, Komisi Komunikasi Federal (FCC) mengharuskan semua jaringan telepon baik tetap ataupun bergerak untuk menyalurkan semua telepon 911 ke suatu pusat pelayanan nomor telepon darurat, termasuk telepon selular yang belum pernah dipakai atau sudah tidak terpakai lagi.

Ada masalah tambahan yaitu panggilan darurat palsu dari tombol-tombol telepon selular yang tertekan secara tidak sengaja saat dibawa dalam kantong atau tas kecil. Hal ini disebabkan nomor telepon darurat bisa dihubungi dari telepon selular yang papan tombolnya terkunci.

Suatu sistem otomatis dikembangkan di Inggris yang mendeteksi apakah penelpon nomor telepon darurat mengeluarkan suara atau tidak. Jika tidak ada suara maka akan ditangani oleh suatu sistem rekaman otomatis dan operator hanya menangani panggilan nomor telepon darurat yang benar-benar berasal dari orang yang memerlukan bantuan.

Sejarahnya

Tanggal 30 Juni 1937, nomor telepon darurat pertama di dunia (999) diresmikan di London, Inggris. Ketika nomor tersebut dihubungi sebuah bel akan berbunyi dan sebuah lampu merah akan berkedip-kedip untuk menarik perhatian operator. Secara perlahan-lahan nomor telepon darurat ini dikembangkan di berbagai wilayah di seluruh Inggris. Tahun 1960, nomor telepon darurat dapat dihubungi dari semua nomor telepon di Inggris.

Pada masa sistem pemanggilan telepon dengan pulsa atau "loop disconnect", sengaja dipilih nomor telepon darurat yang susah untuk dipanggil secara tidak sengaja seperti nomor 999. Beberapa orang mengklaim telah membuat panggilan ke nomor darurat secara tidak sengaja pada sistem pulsa pada saat bekerja dengan kabel sambungan telepon tambahan. Hal ini menunjukkan kelemahan dari nomor telepon darurat 999 tersebut.

Pada masa modern, nomor telepon darurat sengaja dibuat gampang untuk dipanggil. Bahkan pada telepon selular, nomor telepon darurat bisa dipanggil dengan telepon selular yang papan tombolnya terkunci atau tanpa memakai kartu SIM.

Tahun 1972 untuk menyamakan nomor darurat di seluruh wilayah North American Numbering Plan (NANP), maka Kanada mengubah nomor telepon darurat menjadi 911. Beberapa pulau di wilayah Karibia masih memakai nomor telepon darurat 999.

Tahun 1968, nomor telepon darurat pertama di Amerika Serikat (911) dipasang di Alabama. Nomor darurat 911 baru terpasang di seluruh AS pada tahun 1970an. Tahun 1928 di Perancis, operator telepon diharuskan menyalurkan panggilan darurat dari nomor telepon apapun, sekalipun jasa telpon ke nomor tersebut telah diputuskan. Tahun 1972 Conference of European Postal and Telecommunications (CEPT) merekomendasi penggunaan nomor telepon darurat 112. Tanggal 29 Juli 1991, Uni Eropa menetapkan nomor telepon darurat 112. Selain Uni Eropa nomor darurat 112 juga dipakai di banyak negara anggota CEPT. Di beberapa negara seperti Inggris, Irlandia dan Indonesia, nomor darurat 112 dipakai bersama-sama dengan nomor darurat yang lain.

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=492888826&posted=1#post492888826

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar