-->

Tasmanian Devil. Hewan yang Terancam Punah

Setan Tasmania (Sarcophilus harrisii), juga disebut dalam bahasa Inggris "Tasmanian Devil" adalah seekor binatang marsupialia karnivora terbesar di dunia yang kini hanya terdapat di negara bagian pulau Tasmania di Australia. Tasmanian Devil adalah satu-satunya anggota genus Sarcophilus yang masih hidup.

Ukuran binatang ini sama dengan seekor anjing kecil, tetapi badannya kekar dan berotot. Binatang ini dicirikan oleh warna bulunya yang hitam, baunya yang kuat bila sedang ketakutan, suaranya yang sangat keras dan mengganggu, dan sifatnya yang berbahaya bila sedang mengasuh anak-anaknya.

Tasmanian Devil dikenal sebagai binatang pemburu dan memakan sisa-sisa binatang lain. Meskipun biasanya hidup soliter, kadang-kadang ia makan bersama dengan lainnya.

Sejak akhir 1990-an penyakit tumor muka Tasmanian Devil telah mengurangi populasinya secara drastis dan kini mengancam kebertahanan spesies ini yang kemungkinan segera akan dimasukkan dalam daftar binatang yang terancam punah Saat ini berbagai program dilakukan oleh pemerintah Tasmania untuk mengurangi dampak penyakit ini.

Ciri Fisik:

Salah satu karakteristik Tasmania Devil adalah telinga yang besar, kepala dan bahu, rahang dan gigi taring yang kuat. Tasmania Devil berwarna hitam dengan garis putih di pantat dan dada. Tasmania Devil biasanya tumbuh dengan panjang antara 50-60 cm. Biasanya berdiri di antara 20 cm dan 30 cm pada bahu dan berat sampai 12kg tetapi biasanya memiliki berat antara 6kg ke 10kg

Habitat:
Mereka tinggal di daerah dimana terdapat semak padat atau tanah semak dan membuat rumah mereka dalam rongga kayu dan batu

Makanan:

Tasmania Devil adalah marsupial karnivora yang artinya mereka makan daging. Mereka akan membunuh burung dan hewan kecil tetapi Tasmania Devil lebih suka makan bangkai hewan yang telah mati. Mereka bukan pemburu yang baik dan lebih memilih untuk mengais-ngais makanan mereka dan membersihkan bangkai binatang dan menghentikan penyebaran penyakit. Mereka memakan segala sesuatunya tulang, bulu dan sebagainya. Mereka makan possum, walabi kecil, kanguru, reptil, mereka mencuri telur. Dapat melahap makanan seberat 40% dari berat tubuhnya hanya dalam waktu 30 menit, setara dengan anda makan 216 buah burger dalam jangka waktu yang sama

Perilaku:

Meskipun Tasmania Devil terlihat dan bersuara ganas, mereka bisa menjadi sangat ramah. Tasmania Devil bersaing dengan Quoll ekor Spotted untuk makanan tetapi juga bisa jadi penyelamat di Tasmania. mereka berjuang mencari makanan demi kelangsungan hidup. Mereka memiliki geraman yang terdengar ganas yang menyebabkan nama mereka devil karena penduduk mengira suara tsb terdengar seperti setan. Memiliki geraman merengek diikuti oleh batuk atau geraman hampa yang menakutkan ketika marah. telinga mereka biasanya merah jambu tapi berubah menjadi merah ketika mereka marah atau tertekan.

BAYI:

Kebanyakan mulai berkembang biak di tahun kedua mereka. kimpoi pada bulan Maret, laki-laki membawa perempuan +- selama 3 minggu untuk keselamatan dan dia melahirkan sendirian di bulan April. Ketika lahir bayinya sebesar batang korek api. Tasmania Devil memiliki hingga 20 bayi tetapi hanya empat bayi yang bisa hidup di dalam kantung. Biasanya 2-4 bulan setelah bayi lahir, mereka keluar dari kantong. Umurnya sampai 7-8 tahun.

FAKTA:

1. The Tasmanian Devil pernah tinggal di daratan Australia 600 tahun yang lalu namun di sana kini telah punah
2. 50 Tasmanian Devil meninggal setiap tahun
3. Apabila tidak ada ekor, Tasmanian Devil terlihat seperti beruang kecil
4. Tasmanian Devil juga disebut Native Devil
5. Tasmanian Devil bisa berjalan hingga 16km
6. Mereka memiliki pandangan mata yang buruk dan berjalan agak kikuk
7. Pada medan yang kasar Tasmania Devil dapat berjalan lebih cepat dari pada manusia tetapi di medan mulus mereka tidak dapat berjalan lebih cepat
8. Tasmanian Devil menyimpan lemak di ekornya sehingga apabila ekornya gemuk berarti ia sehat

Pembatasan ekspor atas Tasmanian Devil yang berarti binatang ini hanya dapat dilihat dalam penangkaran di Australia. Terakhir yang diketahui berada di luar negeri mati di California pada 2004. Namun, pemerintah Tasmania telah mengirimkan sepasang Tasmanian Devil ke Kebun Binatang Kopenhagen, setelah lahirnya anak lelaki pertama dari Frederik, Putra Mahkota Denmark dan istrinya yang berasal dari Tasmania Mary pada Oktober 2005. Keduanya ini adalah setan satu-satunya yang dapat dilihat di luar Australia.

Tasmanian Devil mungkin paling dikenal di dunia internasional sebagai ilham untuk tokoh kartun Looney Tunes The Tasmanian Devil, atau "Taz"
Sementara penjelmaannya dalam kartun memang mengandung kemiripkan dengan Tasmanian Devil yang sedikit diubah, kesamaan perilaku di antara keduanya tampaknya sangat terbatas, terutama pada kelakuannya yang bising, nafsu makannya yang kuat, dan penampilannya yang pemalu.

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6819215

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar