-->

Norilsk, Kota Paling Utara di Bumi

Bukan tidak mungkin kalau di kutub utara bumi terdapat kota yang sudah sangat modern.
Norilsk, ya.. itulah nama kota di Rusia yang letaknya di lngkaran kutub bumi, lintang 66 ° 33 '39' Utara Khatulistiwa. Kota ini didirikan pada tahun 1935, karena pada saat itu diketahui bahwa Norilsk menyimpan barang tambang yang sangat melimpah, yaitu Nikel. Akhirnya sejak didirikan, Norilsk menjadi daya tarik bagi penambang nikel, dan praktis saat ini Norilsk menjadi kota dengan hasil tambang nikel terbesar di dunia. Sekaligus menjadi salah satu dari 10 kota terpolusi di dunia, mungkin dari pabrik nikelnya kali ya..:-). 
 Selain menyandang kota dengan hasil nikel terbesar di dunia dan kota polusi, kota ini juga merupakan salah satu kota terbesar di Rusia. Terletak 1700 di atas permukaan laut (dpl), kota Norilsk dihuni 134.832 penduduk (hasil sensus 2002).

Sebagai kota kutub utara, warga kota sangat jarang menikmati sinar matahari. Karena salju menyelimuti kota ini sekitar 250-270 hari setahun, dengan badai salju sekitar 110-130 hari.
Selain itu Norilsk memiliki iklim yang sangat ekstrem. Suhu rata-rata adalah sekitar -10 derajat Celcius, dan apabila angin kutub menurun suhu di sini bisa serendah -58 derajat Celcius.Wooww....
Selain nikel di sana juga terdapat pertambangan lain, seperti tembaga, kobalt, platina, palladium, dan batu bara. 

Karena sudah masuk kategori kota besar, akses masuk menuju Norislk termasuk sangat mudah. Saat ini, sudah ada penerbangan langsung dari Moskow, ibukota Rusia dan St Petersburg, kota terbesar kedua di Rusia.
Selain itu, terdapat juga jalur transportasi darat lainnya semisal kereta api dan kendaraan umum. Bukan hanya itu, Norislk dikenal juga karena di sana berdiri sebuah mesjid yang diklaim menjadi mesjid paling utara di bumi. Nama mesjid itu adalah Mesjid Nurd Kamal.




Sumber : http://www.klikunic.com/2011/01/norilsk-kota-paling-utara-di-bumi.html

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar