-->

Otot otot terkuat di tubuh kita

Dari bayi hingga binaragawan, semuanya memiliki otot. Anda mungkin akan kaget mengetahui bagian otot mana yang terkuat.


Menurut Gray’s Anatomy, otot yang dapat mengerahkan seluruh kekuatannya adalah soleus, atau otot betis. Tanpa otot ini, kita tak akan mampu berdiri, berjalan, berlari atau berdansa di lantai dansa.

Menurut buku “Clinical Oral Science”, otot yang bisa mengirimkan tekanan terbesar adalah masseter, atau otot rahang. Pada 1986, Richard Hofmann dari Lake City, Florida, mampu menghasilkan kekuatan gigitan 975 pound (442 kilogram) dalam dua detik di Guinness Record. Rahang bisa mengepal dan mengunyah karena masseter.

Orang lain berpendapat bahwa otot-otot yang digunakan saat melahirkan merupakan yang terkuat. Lebih spesifiknya, kemampuan miometrium, atau otot rahim. Namun, karena otot-otot ini jarang digunakan, dan sangat tergantung pada interaksi faktor hormonal dan biokimia, menjadikanmiometrium otot terkuat.

Dalam hal fleksibilitas, lidah adalah otot terkuat. Kombinasi elastisitasnya memberi kita kemampuan berbicara, makan, dan mencium. Namun, kekuatannya tak bisa menandingi otot lain, seperti soleus.

Jantung
juga menjadi salah satu pesaing untuk meraih titel terkuat. Impuls listrik dalam miokardium, dinding otot jantung, menjaga detak jantung Anda. Saat berkontraksi, otot ini mampu memompa sekitar 2 ons (59 mililiter) darah, dan terus bekerja seumur hidup. Jantung manusia berdetak sekitar 2,5 miliar kali saat ulang tahun ke-70 manusia.

Otot terbesar dalam tubuh manusia adalah gluteus maximus, atau pantat. Seperti dikutip dari lifeslittlemysteries, otot ini membantu agar batang tubuh tetap tegak. Jika otot ini lebih kuat maka memungkinkan orang melompat lebih tinggi dan berlari lebih cepat.[ito]



Sumber : http://teknologi.inilah.com/

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar