-->

Kenapa Toyota Dan Daihatsu Membuat Mobil Yang Sama ?

Kenapa Avanza dan Xenia bentuk bodinya sama? Kasus ini juga terjadi pada Toyota Rush dan Daihatsu Terrios. Apakah dalam membuat mobil diperbolehkan menjiplak atau meniru bentuk mobil dari merk lain?

Avanza & Xenia

Untuk menjawab pertanyaan diatas mari kita simak sejarah singkat pembuatan mobil mobil tersebut, 

Avanza dan Xenia adalah nama mobil jenis MPV yang dirancang dan diproduksi bersama oleh Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor. Mobil ini dipasarkan dengan 2 merek: Daihatsu Xenia dipasarkan oleh Astra Daihatsu Motor sedangkan Toyota Astra Motor memasarkannya dengan merek Toyota Avanza.

Terios & Rush

Daihatsu Terios adalah sebuah mobil SUV produksi Daihatsu yang menggantikan Daihatsu Taruna untuk pasar Indonesia. Pembuatan mobil ini dilakukan oleh Daihatsu berkolaborasi dengan Toyota, sehingga terdapat versi Toyota-nya yaitu Toyota Rush. Daihatsu atas persetujuan Toyota menggunakan basis Toyota RAV4 generasi kedua untuk model ini. Daihatsu Terios diperkenalkan pertama kali di pasar Eropa pada tahun 2006, setelah Jepang, dengan jenis short wheelbase.

Daihatsu sirion juga di luar negeri ada merek Toyotanya namanya Passo. Sebenarnya ini bukan kasus baru, Isuzu Panther dengan Chevrolet Travera bodynya sama, Suzuki Futura dengan Colt t120ss bodynya sama, Daihatsu hijet dengan Mitsubishi Jetstar mesinnya sama, Chevrolet luv dengan Isuzu Panther mesinnya sama. 

Nah dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Daihatsu dan Toyota bekerja sama dalam merancang dua mobil tersebut kemudian memasarkannya dengan merk masing masing. Ini adalah trik dagang, kolaborasi 2 merk dagang bisa merebut pembeli dari 2 penggemar fanatik, dengan mesin cetak 1 (investasi 1x untuk menjual 2 produk)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar