-->

Hantu Leher Panjang Dari Jepang, Rokurokubi

Rokurokubi adalah yokai yang muncul dalam cerita-cerita rakyat di Jepang. Mereka adalah wanita biasa di siang hari yang berubah menjadi hantu di malam hari. Saat malam tiba, lehernya akan memanjang secara mengerikan.


Menurut legenda, Rokurokubi awalnya hanyalah manusia biasa yang terkena kutukan/karma karena melanggar ajaran-ajaran Buddha. Ada juga yang menyebutkan bahwa Rokurokubi merupakan penjelmaan supernatural dari hasrat manusia.

Pada umumnya, Rokurokubi hanyalah berwujud seorang wanita biasa di siang hari. Namun ketika malam telah tiba, lehernya akan memanjang. Terkadang wajahnya berubah menjadi wujud yang mengerikan.

Sifat alami Rokurokubi adalah menakut-nakuti atau memata-matai. Biasanya mereka menampakkan wujud aslinya kepada pemabuk, penipu, orang yang sedang tidur hingga orang buta.


Beberapa legenda mengatakan bahwa Rokurokubi terkadang menghisap intisari kehidupan makhluk lain (contohnya: darah). Rokurokubi jenis ini (demon) adalah mereka yang sudah terlalu jauh melanggar doktrin Buddha bahkan melanggar hak asasi manusia.

Rokurokubi biasanya memiliki nasib buruk dalam percintaan. Karena setelah menikah, sang suami pasti akan ketakutan mendapati leher istrinya memanjang ketika sedang di ranjang.


Ada juga manusia yang tidak menyadari bahwa dirinya adalah Rokurokubi. Ini terjadi karena ketika sedang tidur, kepala mereka akan memanjang dan bergentayangan dengan sendirinya (sesuai sifat alami mereka). Dan ketika terbangun, mereka seringkali mengatakan bahwa mereka mengalami mimpi buruk.

Penampakan Rokurokubi dapat kita lihat di berbagai karya seni mulai dari lukisan, manga (komik), anime, hingga film. Beberapa anime terkenal bahkan mengangkat kisah Rokurokubi secara detail.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar