-->

Negara Pertama Dengan Listrik 100% Tenaga Surya

Negara Tokelau merupakan negara yang biasa dikenal dengan sebutan Kepulauan Union yang terletak di Selandia Baru tepatnya di Samudera Pasifik. Tokelau berada di pertengahan antara Hawaii dan Selandia Baru. Walaupun Tokelau memiliki beberapa pulau tetapi negara ini tidak mempunyai dermaga atau pelabuhan. Negara ini memiliki sumber daya mineral yang sangat sedikit sedangkan jumlah penduduk di Tokelau ini semakin banyak sehingga perekonomian di negara ini sangat lemah. 

 
Sebagian penduduk negara ini banyak yang mengungsi ke Selandia Baru karena mereka tidak kuat untuk menjamin kebutuhan hidupnya yang serba sulit terutama sangat minimnya sumber daya mineralnya tetapi ada juga masyarakat Tokelau yang mempertahankan kehidupannya dari hasil pertanian.

Tokelau, yang saat ini masih menggunakan tenaga diesel untuk menghasilkan listrik dalam satu wilayah tersebut berencana akan mengganti tenaga diesel tersebut dengan 4000 solar panel yang akan segera diaplikasikan pada September ini. Plan untuk mengganti dari tenaga diesel menjadi solar tersebut menjadikan Tokelau sebagai nation pertama yang ditenagai 100% oleh tenaga surya. Panel surya ini nantinya akan diaplikasikan di pulau karang yang terdapat di Tokelau dan akan menghabiskan biaya sebesar Rp.71 Milliar . Karena penghasilan tahunan Tokelau hanya sebesar Rp.4,7 Milliar, maka biaya instalasi solar panel tersebut akan ditanggung oleh pemerintahan New Zealand.


Biaya yang digunakan tidak terlalu besar karena wilayah Tokelau juga tidak cukup besar yaitu hanya 10 Kilometer persegi dan hanya dihuni oleh 1400 orang saja sangat jauh jika dibandingkan dengan Jakarta yang berpenduduk 9,5 Juta orang. Walaupun penduduknya yang hanya 1400 orang, Tokelau adalah negara pertama yang ditenagai 100% oleh tenaga surya, which is very renewable and clean energy folks. Environment Respect.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar