-->

Warna Yang Dapat Membuat Semangat

Berdasarkan studi terbaru yang dipublikasikan jurnal Amerika Serikat, Emotion, reaksi manusia menjadi lebih cepat dan kuat ketika melihat warna merah.

Merah
Tim peneliti mengukur reaksi pelajar dan mahasiswa dalam dua eksperimen berbeda. Pada eksperimen pertama, 30 siswa kelas 4 hingga kelas 10 diminta membuka kait dari besi. Sebelum melakukannya mereka membaca keras-keras nomor partisipan masing-masing yang ditulis dengan krayon berwarna merah atau abu-abu.

Sementara, pada ujicoba kedua, sekira 46 mahasiswa diminta mengepalkan telapak tangan mereka sekencang mungkin sambil membaca tulisan 'tekan' di layar komputer. Tulisan itu memiliki latas berwarna merah, biru atau abu-abu.

Pada masing-masing eksperimen, warna merah ternyata berhasil meningkatkan reaksi masing-masing partisipan. Mahasiswa yang membaca tulisan berlatar merah mampu mengepalkan tangannya dengan kekuatan maksimal dibandingkan mereka yang membaca tulisan berlatar biru atau abu-abu.

Sedangkan pada ujicoba pertama, bukan hanya tingkat kekuatan yang bertambah, namun kecepatan reaksi juga meningkat ketika partisipan melihat warna merah. Demikian seperti dilansir Straits Times, Sabtu (4/6/2011).

Penemuan ini bisa jadi ditujukan untuk pengaplikasian di bidang olahraga maupun aktivitas lain yang memerlukan reaksi seperti itu, contohnya angkat beban. Namun tim peneliti mengingatkan energi yang dihasilkan dari warna merah itu cenderung tidak bertahan lama.
(van)

Merah adalah warna yang punya banyak arti, mulai dari cinta yang menggairahkan hingga kekerasan perang. Warna ini tak cuma memengaruhi psikologi tapi juga fisik. Penelitian menunjukkan menatap warna merah bisa meningkatkan detak jantung dan membuat kita bernapas lebih cepat.

karena warna Merah juga mempunyai Arti yang melambangkan sesuatu kekuatan, nafsu dan kemauan yang agresif.
seperti contoh emot di kaskus gan

Kapan dipakai: Ini adalah warna yang dinamis dan dramatis. Bila dipakai dalam dunia profesional memiliki kesan yang sangat kuat. Tapi jangan gunakan baju merah saat wawancara kerja. "Warna ini bisa menimbulkan konflik saat negosiasi," kata Eisman. Kenakan warna merah hanya sebagai aksen, misalnya kamisol merah yang dipadankan dengan blazer abu-abu.

Warna Merah Lainnya
>>>
Merah Cabe:

Warna ini melambangkan kondisi psikologi yang menguras tenaga, mendorong makin cepatnya denyut nadi, menaikkan tekanan darah dan mempercepat pernafasan.
Warna ini mempunyai pengaruh produktivitas, perjuangan, persaingan dan erotisme.

Merah Oranye :

Warna ini melambangkan kekuatan kemauan atau ambisi.
Sifatnya : Agresif, Aktif, Eksentrik.
Pengaruhnya : Berkemaun keras, penuh gairah, dominasi, jantan.

Merah Jambu :
Warna ini memiliki Arti/melambangkan Cinta, kasih sayang, kelembutan, feminin.
Warna yang disukai banyak wanita ini menyiratkan sesuatu yang lembut dan menenangkan, tapi kurang bersemangat dan membuat energi melemah.
Warna ini mempunyai sifat menuntut dalam kepasrahan, menggemaskan dan jenaka.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar