-->

Pengertian Bug

Bug merupakan istilah yang tidak asing lagi bagi kita. Dalam dunia ilmu komputer istilah bug merupakan suatu error dalam sistem perangkat lunak atau perangkat keras. Dalam sistem perangkat lunak, bug merupakan eror dalam pengkodean atau kesalahan logika yang menyebabkan program atau sistem berhenti bekerja atau menghasilkan sesuatu yang tidak diinginkan.
 
Bug
Salah satu contoh kecil yaitu terkadang hasil perhitungan matematis keluar tidak seperti yang diharapkan atau kursor tidak bergerak seperti yang kita inginkan dan masih banyak lagi contohnya. Sering kali hal-hal kecil tersebut mengganggu dan menghambat aktivitas serta produktivitas kita meskipun gangguan tersebut tidak menyebabkan adanya kerusakan atau kehilangan data. 
 
Bug yang cukup parah dapat menyebabkan sistem menjadi ‘hang’ atau berhenti merespon terhadap perintah-perintah pengguna dan hal ini tidak jarang membuat pengguna untuk merestart program bahkan sistem tempat program berjalan agar dapat kembali seperti semula. Dalam sistem perangkat keras, bug merupakan permaslahan fisik yang menghambat sistem atau suatu kumpulan komponen untuk bekerja dengan baik. Bug yang pertama kali ditemukan merupakan bug perangkat keras.
 
Sebenarnya dari mana kata ‘bug’ atau yang kita kenal dalam bahasa indonesia sebagai serangga ini? Memang benar bahwa bug berasal dari kata bug dalam bahasa inggris yang berarti ‘serangga’. Kembali pada awal mula komputer berkembang, di Universitas Harvard terjadi suatu gangguan/ permasalahan pada komputer elektromekanik dikarenakan seekor serangga yang tersangkut diantara kotak penghubung dalam mesin komputer. Mulai saat itu kata ‘bug’ digunakan sebagai istilah yang mewakili gangguan / error dalam sistem baik dari perangkat keras atau perangkat lunak.

Sumber : kaskus.us

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar