-->

Tips mengatasi rasa takut


Berikut adalah cara mengatasi rasa takut yang sering menghinggapi kita. Dengan mempraktekkan tips berikut saya yakin hidup anda akan lebih bergairah.......dan semangat...Tips tersebut antara lain :

1. Rasa malu karena penampilan pribadi.

Perbaiki penampilan anda. Pergilah ke tukang jahit yang bagus, pakaian anda harus bersih dan rapi. Rapikan rambut anda. Tidak selalu harus memakai pakaian yang mahal untuk memperbaiki penampilan anda. Dan ingat jangan berlebihan dalam penampilan fisik anda, yang lebih utama adalah perbaiki penampilan anda dari dalam....istilahnya inner beauty anda sehingga emancarkan aura yang positif. Setelah anda memperbaiki penampilan luar anda ...berdirilah dicermin....dan katakan ........aku bahagia......tersenyumlah......pasti penampilan anda akan lebih baik.

Tapi hal ini tidak berlaku bagi bob sadino lho...lihat aja penampilan dia yang biasa pakai sandal jepit dan kaos oblong kemana-mana.....tapi ya....itu...duitnya banyak. Kalau anda mau tampil apa adanya seperti bob sadino juga boleh asalkan anda percaya diri dan anda bukan seorang karyawan sebuah perusahaan.....lho! Anda haruslah seorang wiraswasta. Sebab kalau anda seorang karyawan sebuah perusahaan...berpenampilan ala bob sadino.....sudah pasti bos anda akan marah....he..he..he..

2. Takut Kehilangan pelanggan penting

Bekerja dua kali lebih keras dan cerdas untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Perbaiki segala kemungkinan yang menyebabkan pelanggan kehilangan kepercayaan kepada anda. Teruslah berinovasi dan improvisasi agar pelanggan anda merasa terpuaskan.

3. Takut Gagal Dalam Ujian
Ubah kekuatiran menjadi waktu belajar. Anggaplah setiap saat adalah belajar dalam hidup. Jadi apapun hasil nanti...... sepanjang anda telah belajar dengan maksimal.....anggaplah sebagai proses pembelajaran.

4. Takut segalanya menjadi di luar kendali anda sepenuhnya.

Alihkan perhatian pada sesuatu yang sama sekali berbeda. Pergilah ke kebun dan cabuti rumput rumah anda sendiri, jangan cabuti rumput tetangga....he..he..he...bisa berabe nanti........ Bermainlah dengan anak anda. Pergilah ke tempat bioskop, atau memancing dll sesuai hobi anda masing-masing.

5. Takut terluka secara pisik oleh sesuatu yang tidak dapat anda kendalikan, seperti angin topan tornado, atau pesawat terbang yang lepas kendali.
Ubah perhatian anda untuk membantu meredakan ketakutan yang dialami orang lain. Berdoalah. Yakinlah bahwa anda selalu beruntung...pasti untunglah yang akan terjadi ....!

6. Takut akan apa yang mungkin orang lain pikirkan atau katakan.

Pastikan bahwa apa yang anda rencanakan untuk lakukan sudah benar. Lalu kerjakan. Tak seorang pun pernah mengerjakan apa saja yang berharga tanpa mendapat kritik. No body is perfect.....Sebagus apapun hasil kerjaan anda...selalu saja ada yang mencela......anggaplah sebagai tantangan untuk memperbaiki diri lebih baik lagi di masa depan.

7. Takut membuat investasi rumah.
Analisis semua faktor Kemudian ambil keputusan dan bertahanlah dengan keputusan itu. Percayai keputusan anda sendiri.

8. Takut kepada orang banyak

Tempatkan mereka pada perspektif yang semestinya. Ingat, orang lain juga manusia biasa, yang mirip sekali dengan anda. Ingatlah lagunya Seriues Band.....Orang lain juga manusia.....punya rasa punya hati.......

Diambil dari buku : Berpikir dan berjiwa besar oleh David J, Schwatz dengan sedikit modifikasi.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar