-->

Apa itu Pogo...???

Buat yang sering nonton konser konser band punk pasti udah ga asing lagi yang namanya pogo,
Joget joget ga jelas, sikut sikutan dan biasanya sambil mabuk… (minumannya ngerakit sendiri,, Alkohol dicampur apa aja deh, bisa obat sakit kepala, obat nyamuk, minuman soda, dll.)
Sebenernya pogo itu sendiri punya filosofi Kalau di komunitas Punk dan Hardcore lebih cenderung ke bentuk support atau dukungan, jadi tidak ada yang berarti GELUT atau cari kesempatan atau bahkan arena bertarung atas permasalahan pribadi. Jangan pernah bawa-bawa permasalahan pribadi ke arena pogo yang tidak ada kaitannya sama sekali. Jadi teringat saat cewek yang ikutan pogo di colekin hingga si cewek pergi dan akhirnya kapok untuk datang ke GIG’s lagi. Wow menajubkan bukan. Pogo saat ini dijadikan arena cari kesempatan. Kalaupun pogo menjadi tidak menyenangkan sangat gampang jawabannya duduk dan nikmati saat band yang manggung,
Siapa penemu dansa pogo?
Ada yang sementara ini bilang Sid Vicious lah penemunya(?). Namun sebenarnya gerakan dansa sekaligus kata pogo sendiri berasal dari tarian tradisional masyarakat Chockewa, sebuah suku di pedalaman Amerika Tengah. Tarian yang seperti orang berjalan di tempat dengan mengangkat kaki dan tangannya tinggi-tinggi ini pada dasarnya merupakan sebuah tari ritual. Sementara kata pogo sendiri dalam bahasa Chockewa berarti kepatuhan, sebuah kata yang tentu berlawanan dengan falsafah hidup komunitas punk. Uniknya lagi, jika dansa pogo dipakai oleh komunitas punk atau ska untuk mengiringi atau menyatakan rasa sukanya akan musik yang dimainkan atau lagu yang dinyanyikan, dansa pogo asli yang berasal dari pedalaman di dekat wilayah Panama ini juga dipakai untuk menyambut titah sang kepala sukunya sekaligus menyatakan dukungan dan loyalitas mereka kepada sang pemimpin.
Tapi jaman sekarang pogo udah ga jelas lagi, banyak yang cuma ikut ikutan ga ngerti apa apa... cuma ngikutin trend... tai babi,,,
Penampilan tampak kaya preman pasar ikut gabung ditengah arena pogo dengan gaya acungan jempol, emang ini konser dangdut...!!!!
Sekian…, kalau mau nambah pengetahuan tentang pogo, punk, atau anarkisme beli aja zine nya….

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar